Andrea Dovizioso


Andrea Dovizioso (lahir di Forli, Italia, 23 Maret 1986; umur 26 tahun) merupakan seorang pembalap MotoGP asal Italia. Saat ini ia bergabung dengan tim Repsol Honda dan ia merupakan juara dunia kelas 125cc tahun 2004. Bakat membalap Davizioso mulai terlihat kilaunya saat baru berusia 15 tahun, kala itu dia menjuarai European Championship 125cc serta menjalani Kejuaraan Dunia pertamanya Mugello, yang sayangnya berakhir dengan DNF.

Memasuki tahun 2002 dia bergabung dengan Team Scot Honda di kelas 125cc dan finis di posisi 16. Hasil terbaiknya pada tahun tersebut adalah dua kali finis di posisi sembilan di Le Mans dan Donington. Setelah duduk di posisi lima semusim berselang, Davizioso tampil sebagai juara dunia pada tahun 2004 dengan poin yang dikumpulkan di akhir musim berjumlah 293.

Beralih ke 250cc pada tahun 2005 ternyata juga merupakan keputusan tepat bagi Dovizioso karena nasib baik masih menaunginya, meski tidak mampu menjadi juara. Bergabung bersama Honda dia dua kali menjadi runner up dan sekali duduk di posisi tiga klasemen akhir.

Musim 2008 ia beralih ke kelas MotoGP bersama tim JiR Honda Scot. Dan musim 2009 ia hengkang ke tim pabrikan Honda, Repsol Honda. Tim Repsol Honda tidak memperpanjang kontraknya untuk tahun 2012.

Mulai musim 2012 ia hengkang ke Monster Yamaha Tech 3 bersama Cal Crutchlow.

Career

125cc
Pada tahun 2001 Dovizioso memenangkan Kejuaraan Eropa 125cc dan juga berkompetisi di Dunia pertama ras Championship di Mugello, di mana ia pensiun. Pada tahun 2002 dia berkompetisi di Kejuaraan Dunia 125cc dengan Tim Scot Honda, finishing 16 di klasemen akhir. Hasil terbaiknya adalah dua 9 tempat di Le Mans danDonington. Ia melanjutkan dengan tim pada tahun 2003, finishing-5 di klasemen akhirdan mencapai empat kali naik podium. Musim 2004 melihat dia mengambil lima kemenangan dan enam podium lainnya dalam perjalanan untuk memenangkankejuaraan dengan 293 poin.

250cc
Pada tahun 2005 Dovizioso pindah ke kelas 250cc, melanjutkan dengan Tim ScotHonda. Musim ini melibatkan lima kali naik podium dan tempat ke-3 dalam klasemenkeseluruhan. Ia juga meraih Rookie of the Year. Pada tahun 2006 ia tinggal dengan tim,yang sekarang diganti sebagai Racing Humangest. Ia memenangkan dua balapan di Barcelona dan Estoril dan selesai di podium 11 kali. Dia berjuang untuk juara hingga balapan terakhir musim lalu, tetapi harus puas di tempat ke-2 di belakang JorgeLorenzo. Musim 2007 melihat dia menang dua balapan di Istanbul dan Donington dan menantang sekali lagi untuk juara, tapi ia selesai di tempat ke-2 sekali lagi.

2008
Pada tanggal 15 September 2007, Dovizioso mengumumkan bahwa dia akan membuat langkah sampai ke kelas MotoGP dengan tim yang ada di 2008. Pada debutnya kelas utama nya, Dovizioso mencapai tempat keempat yang sangat kredibel, pada pembuka musim di Qatar, melewati Valentino Rossi di lap terakhir. Sepanjang musim Dovi adalah salah satu pembalap Honda yang paling konsisten, menempatkan beberapa kali 4 dan 5, dan mencapai finis podium ke-3 di MotoGP Malaysia di Sepang. Dovizioso selesai-5 di klasemen akhir.
2009
Untuk musim 2009, Dovizioso menjadi resmi Repsol Honda menggantikan Nicky Hayden dan bermitra Spanyol Dani Pedrosa. Pada bulan Juli 2009, Dovizioso memenangkan balapan pertamanya di MotoGP di Grand Prix Inggris di kondisi basah di Donington Park. Meskipun selesai poin jika tidak konsisten, Dovizioso berakhir dengan poin lebih sedikit dari musim debut di kelas, berakhir keenam di klasemen akhir.
2010
Dovizioso memiliki awal yang kuat untuk musim kedua dengan tim Repsol Honda mengambil podium di balapan pembuka musim di Qatar. Tiga podium diikuti di awal tahun sebelum hasilnya merosot musim pertengahan. Meskipun demikian, Dovizioso konsisten disiksa sampai poin dan mengklaim pole posisi pertamanya di MotoGP di Grand Prix Jepang di Twin Ring Motegi. Dia melanjutkan untuk menyelesaikan kedua di balapan setelah menantang untuk menang ras, menyamai hasil nya dari British Grand Prix; Dovizioso kembali posisi kedua dalam lomba berikut di Malaysia. Dovizioso pensiun di Australia, dan menyimpulkan musim dengan ketiga di Portugal dan kelima di Valencia untuk menyelesaikan kelima dalam klasemen kejuaraan akhir.
2011
Dovizioso tetap dengan Repsol Honda untuk musim ketiga berturut-turut pada 2011, naik tim tiga sepeda bersama Casey Stoner dan Dani Pedrosa. Dovizioso mengawali musim dengan baik, dengan tempat keempat di Qatar setelah pertempuran panjang dengan ras-Marco Simoncelli. Di Jerez, Dovizioso mengalami keausan ban yang parah dan harus membuat perubahan ban dalam perjalanan ke posisi 12 dalam kondisi lembab. Dia mengambil tempat keempat di Portugal, dengan melewati akhir balapan di Valentino Rossi, sebelum Le Mans melihat kinerja Dovizioso terbaik musim ini ke titik itu. Setelah beredar di keenam untuk sebagian dari perlombaan, ia dibantu oleh tabrakan antara Pedrosa dan Simoncelli, yang melihat kecelakaan Pedrosa keluar dan Simoncelli diberi penalti naik-melalui. Dia kemudian melewati Jorge Lorenzo dan Rossi dalam perjalanan ke tempat finish.Fourth tempat kedua diikuti di Catalunya, sebelum lain tempat kedua di Inggris, setelah mulai kelima dan memimpin beberapa lap pertama sebelum disusul oleh rekan setimnya Stoner. Dovizioso memperpanjang rekor podium ke empat balapan setelah ketiga di Belanda dan kedua pada balapan rumahnya di Mugello.
Dia selesai kedua untuk keempat kalinya pada tahun 2011, di Republik Ceko; memegang dari tekanan dari tempat Simoncelli.Two kelima diikuti, sebelum pensiun hanya Dovizioso dari musim di Aragon, setelah tersingkir. Dovizioso finis di posisi kelima di Jepang, meskipun hukuman naik-melalui untuk melompati start.Dovizioso finish ketiga di Australia dan Valencia, sedangkan ras Malaysia dibatalkan setelah kematian Simoncelli dalam upaya pertama untuk menjalankan perlombaan.
Dia mengakhiri musim ketiga di belakang Jorge Lorenzo dan Casey Stoner, tapi memutuskan untuk pindah ke tim Tech 3 Yamaha untuk musim 2012, bersama Cal Crutchlow dengan kontrak satu tahun. Dovizioso pindah ke tim setelah menolak tawaran dari sebuah sepeda Honda satelit, [9] setelah Repsol Honda kembali ke dua sepeda – untuk Stoner dan Pedrosa – untuk musim 2012.

Grand Prix motorcycle racing career

By season

Seas Class Moto Team Race Win Pod Pole FLap Pts Plcd WCh
2001 125cc Aprilia RS 125   1 0 0 0 0 0 NC
2002 125cc Honda RS125R Scot Honda Team 16 0 0 0 0 42 16th
2003 125cc Honda RS125R Scot Honda Team 16 0 4 1 0 157 5th
2004 125cc Honda RS125RW Kopron Scot Honda Team 16 5 11 8 3 293 1st 1
2005 250cc Honda RS250RW Kopron Scot Honda Team 16 0 5 0 1 189 3rd
2006 250cc Honda RS250RW   16 2 11 2 4 272 2nd
2007 250cc Honda RS250RW Kopron Scot Honda Team 17 2 10 2 3 260 2nd
2008 MotoGP Honda RC212V JiR Team Scot 18 0 1 0 0 174 5th
2009 MotoGP Honda RC212V Honda-HRC 17 1 1 0 0 160 6th
2010 MotoGP Honda RC212V Honda-HRC 18 0 7 1 1 206 5th
2011 MotoGP Honda RC212V Honda-HRC 17 0 7 0 1 228 3rd
2012 MotoGP Yamaha YZR-M1 Tech 3 1* 0* 0* 0* 0* 11* 5th*
Total       169 10 57 14 13 1992   1
Class Seas 1st GP 1st Pod 1st Win Race Win Podiums Pole FLap Pts WChmp
125 cc 2001–2004 2001 Italy 2003 S. Africa 2004 S. Africa 49 5 15 9 3 492 1
250 cc 2005–2007 2005 Spain 2005 Portugal 2006 Catalunya 49 4 26 4 8 721 0
MotoGP 2008–Present 2008 Qatar 2008 Malaysia 2009 Great Britain 71 1 16 1 2 779 0
Total 2001–Present       169 10 57 14 13 1992 1
Year Class Bike 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
2001 125 cc Aprilia JPN RSA SPA FRA ITA
Ret
CAT NED GBR GER CZE POR VAL PAC
2002 125 cc Honda JPN
Ret
RSA
10
SPA
Ret
FRA
9
ITA
12
CAT
Ret
NED
11
GBR
9
GER
13
CZE
21
POR
Ret
BRA
13
PAC
Ret
2003 125 cc Honda JPN
5
RSA
2
SPA
9
FRA
3
ITA
4
CAT
Ret
NED
10
GBR
2
GER
7
CZE
6
POR
8
BRA
6
PAC
3
2004 125 cc Honda RSA
1
SPA
4
FRA
1
ITA
4
CAT
2
NED
4
BRA
3
GER
4
GBR
1
CZE
2
POR
Ret
JPN
1
QAT
2
2005 250 cc Honda SPA
4
POR
2
CHN
2
FRA
3
ITA
8
CAT
3
NED
7
GBR
7
GER
4
CZE
6
JPN
6
MAL
Ret
QAT
3
2006 250 cc Honda SPA
3
QAT
2
TUR
3
CHN
2
FRA
2
ITA
3
CAT
1
NED
3
GBR
6
GER
4
CZE
2
MAL
2
AUS
4
2007 250 cc Honda QAT
5
SPA
3
TUR
1
CHN
3
FRA
2
ITA
4
CAT
3
GBR
1
NED
4
GER
5
CZE
2
RSM
Ret
POR
2
2008 MotoGP Honda QAT
4
SPA
8
POR
Ret
CHN
11
FRA
6
ITA
8
CAT
4
GBR
5
NED
5
GER
5
USA
4
CZE
9
RSM
8
2009 MotoGP Honda QAT
5
JPN
5
SPA
8
FRA
4
ITA
4
CAT
4
NED
Ret
USA
Ret
GER
Ret
GBR
1
CZE
4
IND
4
RSM
4
2010 MotoGP Honda QAT
3
SPA
6
FRA
3
ITA
3
GBR
2
NED
5
CAT
14
GER
5
USA
4
CZE
Ret
IND
5
RSM
4
ARA
Ret
2011 MotoGP Honda QAT
4
SPA
12
POR
4
FRA
2
CAT
4
GBR
2
NED
3
ITA
2
GER
4
USA
5
CZE
2
IND
5
RSM
5
2012 MotoGP Yamaha QAT
5
SPA POR FRA CAT GBR NED GER ITA USA IND CZE RSM
Year Class Bike 14 15 16 17 18 Pos Pts
2001 125 cc Aprilia AUS MAL BRA     NC 0
2002 125 cc Honda MAL
15
AUS
10
VAL
17
    16th 42
2003 125 cc Honda MAL
13
AUS
Ret
VAL
8
    5th 157
2004 125 cc Honda MAL
2
AUS
1
VAL
2
    1st 293
2005 250 cc Honda AUS
5
TUR
5
VAL
9
    3rd 189
2006 250 cc Honda JPN
4
POR
1
VAL
7
    2nd 272
2007 250 cc Honda JPN
2
AUS
3
MAL
11
VAL
4
  2nd 260
2008 MotoGP Honda IND
5
JPN
9
AUS
7
MAL
3
VAL
4
5th 174
2009 MotoGP Honda POR
7
AUS
6
MAL
Ret
VAL
8
  6th 160
2010 MotoGP Honda JPN
2
MAL
2
AUS
Ret
POR
3
VAL
5
5th 206
2011 MotoGP Honda ARA
Ret
JPN
5
AUS
3
MAL
C
VAL
3
3rd 228
2012 MotoGP Yamaha QAT
5
ARA JPN MAL AUS VAL 5th*

Artikel Terkait

5 Responses to Andrea Dovizioso

  1. Ping-balik: Daftar Juara Dunia Grand Prix Sepeda Motor « repsolhondahrc

  2. Ping-balik: Michael Doohan « repsolhondahrc

  3. Ping-balik: Danie Pedrosa « repsolhondahrc

  4. Ping-balik: Casey Stoner story « repsolhondahrc

  5. Ping-balik: Valentino Rossi « repsolhondahrc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: