Valentino Rossi


Valentino Rossi (lahir di Urbino, Italia, 16 Februari 1979; umur 33 tahun) adalah seorang pembalap di kejuaraan grandprix motor dunia setelah eraMichael Doohan, dengan titel juara dunia di empat kelas yang berbeda yang diraihnya dalam waktu tujuh tahun berkarier.Ia adalah salah seorang pembalap tersukses sepanjang masa, dengan 9 gelar Juara Dunia. Menurut majalah olah raga terbitan Amerika, Sports Ilustrated, Rossi adalah salah satu olahragawan bergaji terbesar di duunia, ia diperkirakan digaji $34 juta pada 2007. Putra dari mantan pembalap GP 250 cc Graziano Rossi danStefania Palma ini memegang banyak rekor dan prestasi yang diraihnya melampaui banyak seniornya. Total pembalap eksentrik ini membukukan 9 gelar juara dunia, sekali di kelas 125cc, sekali di kelas 250cc, dan tujuh kali di kelas puncak, 500cc dan MotoGP.

Setelah ayahnya, Graziano Rossi, Rossi memulai balapan di Grand Prix pada 1996 untuk Aprilia di antara 125 cc kategori dan memenangkan Kejuaraan Dunia pertama tahun berikutnya. Dari sana, ia pindah ke kategori 250cc dengan Aprilia dan memenangkan 250cc Kejuaraan Dunia pada tahun 1999. Ia memenangkan Kejuaraan Dunia 500cc dengan Honda pada tahun 2001, Kejuaraan Dunia MotoGP (juga dengan Honda) pada tahun 2002 dan 2003, dan melanjutkan kemenangan beruntunnya dengan memenangkan kejuaraan dunia 2004 dan 2005, setelah meninggalkan Honda untuk bergabung dengan Yamaha, sebelum merebut kembali gelar pada 2008 dan mempertahankannya di tahun 2009.

Rossi adalah yang pertama dalam klasemen terbanyak memenangkan perlombaan dalam sejarah 500 cc / MotoGP, dengan 79 kemenangan, dan kedua di sepanjang masa menang klasemen keseluruhan dengan 105 menang balapan (di belakang Giacomo Agostini dengan 122). Rossi, bersamaJimmie Johnson (NASCAR), Michael Schumacher (F1) dan Sebastien Loeb (WRC), juga banyak disebut orang sebagai salah satu legenda olahraga otomotif di awal Abad 21.

karier

Awal tahun
Valentino Rossi lahir di Urbino, dan ia masih seorang anak ketika keluarganya pindah ke Tavullia. Anak Graziano Rossi, seorang pembalap sepeda motor bekas, ia pertama kali mulai mencintai balapan.Rossi sangat muda pertama karting.Dipicu oleh ibunya, yang Stefania, keprihatinan untuk keselamatan anaknya, Graziano membeli kart sebagai pengganti sepeda. Namun, keluarga Rossi dari sifat perpetually ingin pergi lebih cepat diminta redesign; Graziano menggantikan motor 60cc dengan100cc kart motor nasional maka anaknya 5-tahun.
Rossi memenangkan kejuaraan kart daerah pada tahun 1990. Setelah itu dia mengambil minimoto dan sebelum akhir tahun 1991 telah memenangkan balapan daerah banyak.Rossi terus karts ras dan selesai kelima di kejuaraan kart nasional di Parma. Baik Valentino dan Graziano telah mulai mencari di pindah keseri 100cc Italia, serta seri Eropa yang sesuai, yang kemungkinan besar akan mendorongnya ke arah Formula Satu. Namun, tingginya biaya karts balap menyebabkan keputusan untuk balapan minimoto eksklusif. Melalui tahun 1992 dan 1993, Valentino terus belajar seluk-beluk balap minimoto.
Pada tahun 1993, dengan bantuan dari ayahnya, Virginio Ferrari, Claudio Castiglionidan Claudio Lusuardi yang mengelola tim Cagiva Sport Produksi resmi, dia mengendarai sepeda motor Cagiva Mito 125cc, yang rusak dalam kecelakaan pertama-sudut tidak lebih dari seratus meter dari lane.He lubang selesai kesembilan yang seri balapan.
Meskipun musim pertamanya di Kejuaraan Produksi Sport Italia adalah bervariasi, dia mencapai posisi terdepan di balapan terakhir musim ini di Misano, di mana dia akhirnya akan menyelesaikan di podium. Pada tahun kedua, Rossi telah disediakan dengan pabrik Mito oleh Lusuardi dan memenangkan gelar Italia.

125cc, 250 cc dan 500 cc Kejuaraan Dunia

Aprilia RS 125 (kiri) dan 250 (kanan) dengan Rossi yang memenangkan Kejuaraan Dunia 125cc pada tahun 1997 dan Kejuaraan Dunia 250cc pada tahun 1999.
Pada tahun 1994, Aprilia dengan cara Sandroni, digunakan Rossi untuk meningkatkan RS125R dan pada gilirannya memungkinkan dia untuk belajar bagaimana menangani laju cepat baru balap 125cc. Pada awalnya ia menemukan dirinya pada Sandroni dalam kejuaraan Italia 1994 dan terus naik melalui tahun 1995 kejuaraan Eropa dan Italia.
Rossi memiliki beberapa keberhasilan dalam musim Kejuaraan Dunia 1996, gagal menyelesaikan lima dari musim ras dan menabrak beberapa kali. Meskipun demikian, pada bulan Agustus ia memenangkan Kejuaraan Dunia pertama Grand Prix di Brno di Republik Ceko pada AGV Aprilia RS125R. Ia menyelesaikan musim di posisi sembilan dan terus mendominasi Kejuaraan Dunia 125cc di musim 1997 berikut, memenangkan 11 dari 15 balapan.
Pada tahun 1998, Aprilia RS250 sudah mencapai puncaknya dan memiliki tim pengendara di Valentino Rossi, Loris Capirossi dan Tetsuya Harada. Kematian dua orang temannya dalam kecelakaan mobil juga mengambil korban. [Rujukan?] Ia kemudian menyimpulkan musim 1998 250cc di tempat kedua, hanya tiga poin di belakang Capirossi. Pada tahun 1999, dia memenangkan gelar, mengumpulkan 5 tiang posisi dan 9 menang.
Rossi diganjar pada tahun 2000 untuk Kejuaraan Dunia 250cc dengan diberi tumpangan dengan Honda dalam apa yang kemudian kelas paling dalam balap sepeda motor Kejuaraan Dunia, 500cc. Jeremy Burgess telah ditunjukkan kepadanya NSR500 dan yakin bahwa pasangan itu dengan Rossi akan membawa apa-apa selain keberhasilan. [Rujukan?] 500cc Juara Dunia Pensiunan Michael Doohan, yang juga memiliki Jeremy Burgess sebagai Chief Engineer, bekerja dengan Rossi sebagai mentor pribadi di tahun pertama di Honda. Ini juga akan pertama kali Rossi akan balapan melawan Max Biaggi, Italia lain kepada siapa ia sering dibandingkan oleh pers balap. [Rujukan?] Butuh sembilan balapan sebelum Rossi akan menang di Honda tetapi, seperti musim sebelumnya di 125 dan 250, akan pertanda baik untuk musim kedua lebih kuat saat ia selesai kedua ke Amerika Kenny Roberts, Jr.
Rossi memenangkan 500cc Kejuaraan Dunia pertamanya pada tahun 2001 (memenangkan 11 balapan) pada tahun terakhir dari kelas itu. Pada tahun berikutnya, 500cc dua stroke masih diperbolehkan, tapi 2002 melihat awal dari empat-stroke 990cc GP Moto kelas, setelah itu mesin 500cc pada dasarnya usang. Pada tahun 2001 Rossi bergabung dengan pembalap Amerika Colin Edwards untuk balapan Suzuka 8 Jam ketahanan naik sebuah VTR1000SPW Honda. Pasangan ini memenangkan perlombaan meskipun tidak Rossi dari Superbikes balap pengalaman.

MotoGP

Honda (2002-2003)

Rossi mengendarai Honda RC211V-nya MotoGP sepeda
Tahun perdana untuk motor MotoGP adalah 2002, ketika pengendara mengalami masalah tumbuh gigi mulai terbiasa dengan sepeda baru. Rossi memenangkan perlombaan pertama dan kemudian memenangkan delapan dari sembilan balapan pertama musim, akhirnya mengklaim 11 kemenangan secara total.
Itu lebih sama pada tahun 2003 untuk saingan Rossi ketika dia menyatakan sembilan tiang posisi serta sembilan GP menang untuk mengklaim Kejuaraan Dunia ketiga berturut-turut. GP Australia di Phillip Island pada tahun 2003 dianggap oleh banyak pengamat sebagai salah satu momen terbesar Rossi karir karena keadaan unik.Setelah diberi penalti 10 detik untuk menyalip saat bendera kuning karena kecelakaan oleh pembalap Ducati Troy Bayliss, depan pelari Rossi melanjutkan untuk menarik diri dari sisa lapangan, akhirnya menyelesaikan lebih dari 15 detik di depan, lebih dari cukup untuk membatalkan penalti dan memenangkan perlombaan.
Ada banyak spekulasi selama paruh kedua musim 2003 tentang rencana Rossi untuk masa depan. [Rujukan?] Beberapa orang menduga bahwa ia akan berhasil dalam upayanya untuk mengklaim gelar ketiga berturut-turut dan bertanya-tanya di mana ia akan pergi di masa depan. Kontraknya dengan Honda naik pada akhir tahun dan ada rumor bahwa Rossi telah menjadi agak kecewa dengan menumpang di Honda. Masa jabatannya di Honda efektif ajalnya, ia telah memberikan Honda dengan 500 cc Kejuaraan Dunia serta berturut-turut Kejuaraan Dunia MotoGP.
Berpartner dengan skeptis meningkat bahwa alasan keberhasilannya adalah dominasi RC211V daripada Rossi, itu pasti terjadi bahwa Honda dan Rossi akan bagian.Pertengahan musim rumor menunjuk ke arah kemungkinan pindah ke Ducati, yang dikirim media Italia menjadi semakin aktif; konsep Italia yang besar pada sepeda Italia yang besar tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Ducati memang mencoba untuk merayu Rossi menjadi naik motor MotoGP mereka, Desmosedici, tetapi untuk berbagai alasan Rossi lulus menawarkan atas. Kritik mengatakan bahwa dibandingkan dengan produsen lainnya, Ducati memiliki cara yang signifikan untuk pergi sebelum kompetitif bahkan dengan Rossi di kemudi. Hal ini terbukti menjadi kebenaran dengan kinerja loyo Ducati di, musim 2004 yang sebenarnya lebih buruk daripada tahun perdana mereka di MotoGP tahun 2003.
Pada tahun 2005 otobiografinya, “Bagaimana Jika Aku Takkan Pernah Mencoba Ini?”, Rossi menawarkan alasan lain untuk memilih Yamaha atas Ducati, mengatakan bahwa pola pikir di Ducati Corse agak terlalu mirip dengan yang ia mencoba melarikan diri dari di Honda . Pada akhirnya, Rossi menandatangani kontrak dua tahun dengan saingan Yamaha dilaporkan senilai lebih dari (US) $ 12 juta; harga yang tidak ada produsen lain, bahkan Honda, bersedia membayar.

Yamaha (2004-2010)

Dengan perlombaan tradisional musim di Suzuka dari daftar karena pertimbangan keamanan menyusul kecelakaan fatal Daijiro Kato, musim 2004 dimulai di Welkom di Afrika Selatan. Rossi memenangkan lomba, menjadi satu-satunya pembalap untuk memenangkan perlombaan berturut-turut dengan berbagai produsen, setelah memenangkan lomba akhir musim sebelumnya di Honda. Rossi akan pergi untuk memenangkan delapan dokter lebih musim, terutama memerangi Sete Gibernau, dengan Rossi merebut gelar juara di balapan akhir musim di Phillip Island. Rossi mengakhiri musim dengan 304 poin ke 257 Gibernau, dengan Max Biaggi ke-3 dengan 217 poin.

Rossi di Grand Prix Inggris 2005
Pada tahun 2005 musim Prix motor balap Grand, Rossi ditangkap Dunia 7 nya Championship dan Kejuaraan MotoGP 5th lurus. Dia selesai dengan total 367 poin, 147 poin di atas tempat finisher 2 Marco Melandri (220 poin), dan Nicky Hayden menyelesaikan ke-3 dengan 206 poin.

Rossi di Grand Prix Italia 2006
Musim MotoGP 2006 dimulai dengan Rossi, sekali lagi, menjadi favorit untuk mengambil Championship, tapi dia kesulitan di paruh pertama musim ini. Hayden memegang poin memimpin di sebagian besar musim, tetapi Rossi perlahan bekerja perjalanan menaiki tangga poin. Ia tidak sampai Motegi ketika Rossi akhirnya meraih 2 dalam lomba poin di belakang Hayden. Dalam Portugis Grand Prix, perlombaan kedua terakhir musim ini, Hayden diambil oleh rekan setimnya, Dani Pedrosa, dan tidak menyelesaikan balapan. Hal ini menyebabkan Rossi memimpin poin dengan hanya satu lomba tersisa di musim ini. Namun, Rossi jatuh awal di Valencia, balapan terakhir, dan Hayden pergi untuk memenangkan Kejuaraan MotoGP 2006. Rossi menyelesaikan musim di tempat 2.

Rossi di tahun 2007 Belanda TT
Rossi kembali ke MotoGP untuk musim 2007 Yamaha mengendarai YZR-M1 baru 800 cc. Dalam lomba pertama di Qatar dia datang untuk kedua Casey Stoner di Ducati Desmosedici. Dalam putaran kedua musim ini Rossi memenangi balapan kedua musim di Spanyol, dan akan menang 3 lebih ras musim itu. Stoner mendominasi musim, memenangkan 10 balapan untuk mengambil gelar pertamanya, 125 poin dari posisi kedua Dani Pedrosa. Kemenangan Pedrosa di balapan terakhir di Valencia dikombinasikan dengan pensiun Rossi berarti bahwa ia mengalahkan Rossi ke tempat ketiga dengan satu titik. Ini adalah terendah kejuaraan posisi Rossi sejak musim pertamanya tahun 1996 di 125s. Sepedanya tidak memiliki daya saing, khususnya di kecepatan tertinggi dibandingkan dengan Honda atau Ducati, dan dia mengancam akan meninggalkan Yamaha jika mereka tidak mampu untuk memberikan paket yang lebih baik.
Untuk tahun 2008 Rossi diubah menjadi ban Bridgestone. Musim mulai perlahan-lahan dengan selesai tempat kelima di Qatar, tapi ia meraih kemenangan pertamanya di Shanghai, dan juga memenangkan dua balapan berikutnya. Dari lomba itu, Rossi di podium setiap lomba yang tersisa (kecuali putaran Belanda di Assen, di mana ia jatuh di lap pertama dan selesai 11), memenangkan total sembilan balapan di musim ini.Kemenangannya di Laguna Seca (setelah lulus bawah sudut “Corkscrew” atas Stoner yang jatuh tapi terus dan mengambil tempat kedua) dan pada perlombaan hujan singkat di Indianapolis, berarti bahwa Rossi telah memenangkan di setiap sirkuit saat ini dalam kalender . Kemenangannya di Motegi adalah kemenangan pertamanya di sana pada motor MotoGP. Kemenangan di Motegi Rossi memenangkan gelar pertamanya 800cc MotoGP, keenam di kategori utama, dan kedelapan secara keseluruhan.
Pada tanggal 8 Juni 2009, Valentino Rossi mengendarai Yamaha sekitar Isle terkenal Kursus Man TT dalam pangkuan pameran sepanjang sisi sesama sepeda motor legenda Italia Giacomo Agostini, dalam apa yang disebut ‘The Lap of the Gods’.

Rossi di Amerika Serikat 2009 Grand Prix
Musim 2009 melihat Rossi memenangkan balapan untuk memenangkan 6 gelar juara ke-9 nya, mengalahkan rekan setimnya Jorge Lorenzo ke posisi kedua dengan 45 poin.6 menang adalah jumlah terendah dari kemenangan Rossi telah di musim kejuaraan menang; sebelumnya terendah adalah 9 pada tahun 1999 di kelas 250 cc dan 2003, 2004 dan 2008 di MotoGP.

Rossi merayakan kemenangan karir ke-100 pada 2009 Belanda TT di Assen
Kemenangannya pada 2009 Belanda TT di Assen adalah kemenangan ke-100 Rossi, menjadi hanya pengendara sepeda motor kedua dalam sejarah grand prix mencapai 100 menang.

Rossi merayakan kemenangan di Grand Prix Qatar 2010
Musim 2010 dimulai dengan Rossi topping hampir semua pra musim sesi pengujian dan mengambil kemenangan dalam perlombaan pertama musim di Qatar, setelah awal pemimpin Casey Stoner mengalami kecelakaan. Rossi cedera bahu dan punggungnya saat pelatihan pada sepeda motorcross setelah Grand Prix Jepang ditunda hingga Oktober karena gangguan terhadap perjalanan udara setelah letusan kedua gunung berapi Eyjafjallajökull di Islandia. Berikut dua putaran Rossi dikalahkan oleh rekan setimnya Lorenzo dengan Rossi mengeluh tentang nyeri bahu. Cedera itu tidak dianggap serius pada awalnya dan diharapkan untuk menyembuhkan dalam beberapa minggu, tetapi ternyata tidak seperti yang diharapkan dan air mata ligamen di bahu gagal untuk cukup menyembuhkan.
Pada tanggal 5 Juni 2010 pada lomba rumahnya di Mugello, Rossi mengalami kecelakaan di sesi latihan bebas kedua, di sudut Biondetti, sekitar 120 mph (190 km / jam). Rossi mengalami patah tulang senyawa pengungsi tibia kanan, dan setelah pasca operasi perawatan dekat ke rumahnya di rumah sakit di Cattolica, itu didiagnosa bahwa ia mungkin keluar untuk sebagian besar season.It adalah pertama kalinya bahwa Rossi telah melewatkan balapan di Grand Prix career.However menjelang Grand Prix Inggris, Suzi Perry dilaporkan dalam kolom Daily Telegraph bahwa Rossi berencana membuat comeback di Brno.This dikonfirmasi seminggu kemudian oleh Rossi sendiri. Pada tanggal 7 Juli, Rossi melaju di Misano pada World Superbike-spesifikasi Yamaha YZF-R1 disediakan oleh World Team Yamaha Superbike untuk menguji recovery.He kaki nya selesai 26 lap selama dua berjalan, dengan waktu lap terbaik yang sekitar dua detik dari laju terakhir kali World Superbike di sirkuit. Pada akhir sesi, Rossi mengeluhkan ketidaknyamanan, melaporkan nyeri di kedua kakinya dan shoulder.On nya 12 Juli, Rossi mengambil bagian dalam tes lain di Brno, setelah itu Rossi menyatakan ia lebih bahagia dan lebih banyak di form.After pengamatan oleh Kepala Dinas Kesehatan pada hari Kamis sebelum akhir pekan, Rossi kembali di Grand Prix Jerman, dua putaran awal dari yang diperkirakan dan hanya 41 hari setelah kecelakaan itu. Ia berhasil mengakhiri balapan di tempat keempat setelah pertempuran dengan Casey Stoner untuk ketiga. Dia menambahkan kemenangan perlombaan untuk namanya di Sepang, Malaysia dalam perjalanan untuk mengumpulkan 10 podium sepanjang musim keseluruhan, termasuk lima podium berturut-turut dalam jangka terakhir dalam musim ini, di mana ia selesai ketiga dalam keseluruhan

Ducati (2011 -)

Rossi selama tes pra-musim di Sepang pada bulan Februari 2011.
Pada tanggal 15 Agustus 2010, setelah balapan di Brno, Rossi menegaskan ia akan naik untuk Ducati Corse, menandatangani kontrak dua tahun mulai tahun 2011, bergabung dengan mantan rekan setimnya di Honda Nicky Hayden di tim. Dia menguji Desmosedici untuk pertama kalinya di Valencia pada tanggal 9 November 2010, tampil untuk pertama kalinya sejak tahun 1999, pada sepeda motor Italia. Rossi menjalani operasi pada bahunya yang cedera selama musim 2010, agar siap untuk pengujian pra-musim di Malaysia. Setelah kemajuan asli selama tes pertama, Ducati gagal memenuhi harapan tim di tes Malaysia kedua dan meninggalkan Rossi puas, setelah selesai lebih dari 1,8 detik di belakang kecepatan penetapan Casey Stoner Honda.

Rossi di Grand Prix Portugal 2011
Rossi memulai musim ini dengan finis ketujuh di Qatar, sebelum seperlima dalam kondisi basah di Jerez, meskipun tabrakan dengan Casey Stoner, Rossi yang kemudian meminta maaf for.Another tempat kelima diikuti di Portugal, sebelum tempat ketiga di Le Mans, diuntungkan dari tabrakan antara Dani Pedrosa dan Marco Simoncelli, dengan Pedrosa pensiun dari ras dan Simoncelli diberi penalti naik-melalui.Rossi kemudian selesai empat balapan berikutnya di dalam enam besar, dengan terbaik keempat di Assen. Kesembilan di Sachsenring, diikuti oleh sepasang tempat keenam di Laguna Seca dan Brno, dan tempat kesepuluh di Indianapolis.
Sebuah finis ketujuh di Misano diikuti dengan finis kesepuluh di Aragon, sebelum pensiun pertama putaran di Jepang, setelah kontak dengan Jorge Lorenzo dan Ben Spies, yang meninggalkan Rossi dengan pukulan ke finger.He nya juga pensiun di Australia, menerjang keluar pertengahan lomba. Di Malaysia, Rossi memenuhi syarat kesembilan tetapi terlibat dalam tabrakan dengan Marco Simoncelli dan Colin Edwards pada putaran kedua perlombaan. Simoncelli jatuh saat menjalankan keempat, mendarat di jalur Edwards dan Rossi, yang kedua memukul Simoncelli Honda dengan helm Simoncelli juga datang dari dalam insiden itu. Simoncelli kemudian meninggal dari luka yang dideritanya dalam kecelakaan itu, dan ras itu dibatalkan. Pada balapan terakhir di Valencia, Rossi pensiun di tikungan pertama setelah Alvaro Bautista jatuh dari sepedanya dan menurunkan Rossi, rekan setimnya Hayden dan Randy de Puniet dalam proses. Dengan pensiun, Rossi menyelesaikan musim tanpa kemenangan untuk pertama kalinya dalam karirnya Grand Prix, dan selesai tempat ketujuh dalam kejuaraan.

Persaingan

Pada awal karirnya Max Biaggi dianggap saingan utama Rossi. Pada suatu waktu website-nya bahkan tidak memiliki nama Max;. Bukan sebuah mencolok “XXX XXXXXX” ditempatkan di mana pun namanya harus muncul [rujukan?] Meskipun mereka bahkan tidak berlari terhadap satu sama lain sampai tahun 2000, persaingan antara kedua memiliki berkembang sejak pertengahan 90-an. Persaingan mereda sebagai berturut-turut Rossi Kejuaraan Dunia dan perjuangan Biaggi untuk mencari dukungan dan ritme yang konsisten dengan balapannya.
Dalam otobiografinya “Apa Jika saya Apakah Jangan Mencoba Ini”, Rossi membuat sejumlah klaim tentang alasan untuk persaingan dengan Biaggi, dan beberapa insiden yang menyebabkan eskalasi nya. Pertandingan yang juga ditampilkan dalam film dokumenter 2003, lebih cepat.

Podium setelah Grand Prix Australia 2010, dengan Casey Stoner diapit oleh Jorge Lorenzo dan Rossi.
Saingan terdekat Rossi di musim 2003 dan 2004 adalah Sete Gibernau, naik dengan Tim Gresini tim Movistar Honda RC211V satelit pada tahun 2004 dan kemudian pada semua kecuali di pabrik nama RC211V, yang membantu mengembangkan Gibernau, di tahun 2005. Awalnya mereka cukup ramah di paddock dan off – Gibernau berpesta pada acara-acara dengan Rossi di vila Ibiza Italia – tapi souring dalam hubungan mereka dimulai pada musim 2004 dan memuncak dalam “Insiden Qatar” bahwa musim yang sama ketika tim Rossi itu dihukum untuk “membersihkan” Posisi kotak untuk membantu dalam traksi, bersama dengan Honda Pons ‘Max Biaggi, dan kedua pembalap yang kemudian dipaksa untuk mulai dari bagian belakang grid. Sejumlah tim, termasuk Gibernau di Tim Gresini dan tim Repsol Honda resmi pabrik, mengimbau berhasil ke arah perlombaan untuk Rossi untuk dikenakan sanksi. Rossi dan mekanik utamanya, Jeremy Burgess, bersikeras bahwa yang mereka lakukan tidak lebih dari apa yang orang lain banyak yang dilakukan sebelumnya ketika menghadapi trek kotor.
Sejak itu kedua belum berbicara dan Rossi tampaknya memutuskan untuk menggunakan kejadian tersebut untuk menerapkan tekanan psikologis pada Gibernau.Dia dikatakan telah bersumpah bahwa setelah Qatar ras, yang memenangkan Gibernau sedangkan Rossi mengalami kecelakaan setelah naik ke posisi ke-6, ia akan melakukan segalanya untuk memastikan bahwa Gibernau tidak pernah berdiri di tangga tertinggi podium lagi. [Rujukan?] Gibernau pensiun dari balap Grand Prix setelah gagal, cedera blighted musim 2006 dengan Ducati dan ia tidak pernah memenangkan perlombaan lain setelah Qatar, yang mendorong beberapa di media sepeda motor Spanyol dan Italia balap untuk menjelaskan fakta ini dengan cara mengacu pada “Kutukan Qatar.” [ rujukan?]
Pada tahun 2007, Casey Stoner muncul sebagai saingan bagi Rossi. Ditambah dengan Ducati, yang muda Australia memenangkan lomba pertama tahun ini, diikuti oleh lebih banyak kemenangan sehingga mengklaim tentang Dunia MotoGP 2007 Championship judul. Stoner dan Rossi persaingan datang ke klimaks yang dramatis di Laguna Seca Raceway pada tahun 2008. Setelah perubahan posisi banyak, Rossi menyalip Stoner di kotrek ini. Langkah berani disebabkan Rossi untuk berjalan ke dalam kotoran dan trotoar yang rusak di bagian dalam gilirannya benar, dan ia bergabung kembali trek nyaris menyebabkan tabrakan antara dua pengendara. Sebuah lap kemudian, Stoner masuk ke kerikil pada entri lambat menjadi giliran 11. Stoner mengambil sepedanya untuk finis kedua, sementara Rossi mengambil menang.Setelah ini, Casey Stoner membuat komentar, “Saya telah kehilangan rasa hormat terhadap salah satu pembalap terbesar dalam sejarah.” Untuk komentar, Stoner meminta maaf kepada Rossi di balapan berikutnya.
Pada tahun 2008, Jorge Lorenzo bergabung Rossi di tim pabrikan Yamaha Motor Racing, yang memulai persaingan baru. Rossi memenangkan gelar 2008, dengan Lorenzo menderita dua kecelakaan serius di Laguna Seca dan Cina. Pada tahun 2009, Rossi dan Lorenzo kembali permusuhan dengan Rossi muncul sebagai juara lagi. Pada tahun 2009, Rossi mengalahkan Lorenzo dalam pertempuran ketat beberapa, di Valencia, Assen, Sachsenring dan yang paling dikenang, ras rumah Lorenzo di Catalunya, setelah melewati dia di tikungan terakhir untuk mengambil kemenangan.Pada tahun 2010, Lorenzo akhirnya berhasil menang dalam pertempuran kejuaraan, setelah Rossi pertama cedera bahu dalam kecelakaan pelatihan motorcross, maka melanggar nya shin-tulang setelah kecelakaan setan di Mugello, hilang 4 races.

Julukan

Valentino Rossi telah memiliki nama panggilan banyak selama karir balapnya. Julukan pertama menonjol adalah “Rossifumi.” Rossi menjelaskan etimologi dari nama panggilan ini sebagai referensi dan penghargaan kepada sesama pengendara Norifumi Abe. [Rujukan?]
Nama panggilan berikutnya muncul beberapa kali hari-harinya balapan di Kejuaraan Dunia 250 cc. Julukan “Valentinik” adalah referensi ke superhero Donal Bebek Italia, “Paperinik”. [Rujukan?]
Karena dominasinya dalam 500 cc dan MotoGP, Rossi telah menggunakan julukan “The Doctor.” Ini telah dikaitkan dengan-Nya “dingin dan klinis pembongkaran lawan-lawannya” serta ketenangannya dingin dan tenang dalam balap dibanding hari-hari sibuk di 125 cc dan 250 cc di mana penampilannya adalah tidak menentu dan berbahaya, mengakibatkan crash banyak. [ rujukan?] Dua teori berlaku untuk mengapa Rossi menggunakan “Doctor.” Salah satunya adalah bahwa Rossi diadopsi julukan atas setelah meraih gelar, yang di Italia entitles satu untuk menggunakan judul “Dokter”.Lain, sebagaimana diucapkan oleh Graziano dirinya sendiri, “The Doctor karena, saya tidak berpikir ada alasan tertentu, tapi itu indah, dan penting, The Doctor. Dan di Italia, The Doctor adalah nama yang Anda berikan kepada seseorang untuk menghormati , itu sangat penting, The Doctor … penting “[33]. Rossi sering bercanda, bagaimanapun, bahwa nama karena tiba di Italia, Rossi adalah nama panggilan yang sama untuk Dokter.
Dia selalu berlari dengan nomor # 46 di karirnya sepeda motor grand prix. Jumlah ayahnya berlari dengan dalam yang pertama dari 3 prix nya menang karir besar, pada tahun 1979, di Yugoslavia, pada Morbidelli 250C. Biasanya, pemenang Kejuaraan Dunia diberikan stiker # 1 untuk musim depan. Namun, dalam penghormatan kepada Barry Sheene, yang adalah pembalap pertama era modern untuk menyimpan nomor yang sama (# 7), Rossi telah tinggal dengan sekarang terkenal # 46 sepanjang karirnya, meskipun sebagai juara dunia ia telah dipakai # 1 di bahu kulit balapnya.
Teks pada helm mengacu pada nama dari kelompok teman-temannya: “Suku dari Chihuahua,” dan huruf WLF pada kulit nya berdiri untuk “Viva La Figa,” Italia untuk “Pussy Hidup Panjang.” Dia sejauh ini lolos dari sanksi atau ultimatum bahwa ia menghapus huruf karena “W” dalam “WLF” mewakili kedua “V” di “Viva”. Sama nyata adalah kesuksesannya di setiap tindakan disiplin keluar dari FIM atau Dorna untuk memiliki surat-surat sehingga tanpa malu-malu pada daerah leher bagian depan kulit nya. Dia tradisional juga menggabungkan warna favoritnya (kuning neon) ke dalam desain kulitnya. Hal ini juga membuatnya mendapatkan ‘Pen Highlighter’ julukan baru-baru ini. Hal ini paling sering digunakan oleh komentator Toby Moody dan Julian Ryder.
Sepeda motor pembalap Fellow dan mantan rekan setimnya Colin Edwards, serta beberapa wartawan TV, sering menyebutnya sebagai ‘KAMBING’ (Greatest Waktu semua).

Lain motorsport kegiatan

Rossi menguji mobil Ferrari Formula One pada tahun 2006 pada tanggal 31 Januari 1 Februari dan Februari 2 di Valencia. Tes pertama melihat Rossi terlepas di jalur yang basah ke dalam perangkap kerikil, berakhir zamannya. Pada hari kedua, ia mencatat waktu tercepat kesembilan dari lima belas driver, sekitar satu detik di belakang Michael Schumacher, yang sendiri adalah tercepat ketiga. Rossi tersusun lebih cepat dari berpengalaman driver Red Bull Racing Mark Webber dan David Coulthard dan Toyota F1 Jarno Trulli.On hari terakhir pengujian, Rossi hanya lebih sedikit dari setengah detik di belakang waktu Schumacher terbaik . Schumacher memuji Rossi sebagai memiliki bakat besar dan mengatakan ia akan sangat mampu pindah ke Formula Satu dan menjadi kompetitif dengan segera.
Pada tanggal 24 Mei 2006, Rossi mengumumkan bahwa ia akan tinggal di MotoGP sampai ia merasa karyanya pada sepeda motor adalah “selesai.” Pembalap Ferrari Schumacher mengatakan bahwa ia merasa “sedih” dengan keputusan Rossi namun mendukungnya. Rossi kemudian menandatangani kontrak baru bersama Yamaha untuk musim 2007 dan 2008, maka untuk 2009 dan 2010.
Di luar minatnya di F1, gairah kuat Rossi adalah untuk rally. Di masa muda Rossi salah satu pahlawan nya WRC Champion Colin McRae. Rally legenda McRae Rossi diajarkan dasar-dasar mengendarai mobil reli. Dua bersaing terhadap satu sama lain di Monza tahun 2005, dengan McRae mengendarai Skoda Fabia WRC dan Rossi menang dalam perampokan resmi Subaru Impreza WRC.His pertama ke reli datang pada tahun 2002 di WRC Rally Inggris di Peugeot 206 WRC, di mana ia tersingkir pada tahap kedua (pertama non-superspecial tahap).
Pada tanggal 11 Oktober 2006 diumumkan bahwa Rossi akan memasuki tahun itu Reli Selandia Baru, acara WRC yang berjalan dari November 17-19. Dia berkompetisi di Subaru Impreza WRC04 menyelesaikan keluar 11 39. Pada 26 November 2006 Rossi juga memenangkan Reli Monza tahunan mengendarai Ford Focus RS WRC 04. Ia mengalahkan pemenang reli 2005 Rinaldo Capello dengan 24 detik, memenangkan lima dari tujuh tahap dalam perjalanan. Dia juga berhasil melebihi mantan WRC Champion Didier Auriol oleh tujuh detik di Tampilkan Guru head-to-head terakhir. Rossi juga diumumkan di Monza 2006 rally, bahwa dia akan memasuki 2007 Rally dari Inggris, namun, ia kemudian memilih keluar. Pada Reli Monza 2007, Rossi kembali mengambil tempat pertama.
Rossi telah dikaitkan dengan kepindahan ke Formula Satu dan kedua Reli Kejuaraan Dunia pada tahun 2007, setelah diuji untuk Ferrari dan berkompetisi dalam sejumlah acara reli.
Tetapi Rossi memutuskan untuk tetap di Moto-GP, “Saya memiliki kontrak dengan Yamaha sampai 2008,” kata Rossi. “Ketika itu selesai maka kita akan melihat apa yang saya yakin tentang adalah bahwa saya akan naik sampai aku 31 atau 32 paling banyak.. Saya akan mencari rangsangan baru di musim mendatang, tetapi untuk sekarang saya sepenuhnya termotivasi”. Rossi menandatangani kontrak dua tahun baru yang menyatakan ia akan di Yamaha hingga 2010. Dia awalnya direncanakan untuk menggunakan Impreza WRC2008 selama partisipasinya dalam Rally GB pada bulan Desember 2008, tetapi memutuskan untuk mengendarai Ford Focus RS WRC 07 sebagai gantinya. Ia menyelesaikan reli di posisi ke-12, 13 menit dan 20,4 detik di belakang pemenang akhirnya Sebastian Loeb.
Pada bulan Januari 2010, Rossi mengatakan bahwa ketika ia pensiun dari balap sepeda motor, ia berharap untuk pindah ke reli. “Tidak banyak perubahan dalam tubuh pria antara 22 dan 34 jadi saya masih memiliki beberapa waktu yang tersisa saya akan mempertimbangkan beralih ke mobil, mungkin rally, setelah itu sebelum aku akhirnya memutuskan untuk mengambil mudah …. Saya tahu F1 akan ‘ Panduan mudah tetapi pada saat saya selesai MotoGP, saya akan terlalu tua untuk F1 “Stefano Domenicali, Ferrari Formula One utama Tim., bagaimanapun, menegaskan kembali keinginannya untuk memiliki Ferrari ketiga di grid F1 didorong oleh Rossi, sementara yang menyatakan bahwa Rossi akan menguji mobil Ferrari F1 lebih tua pada 21 dan 22 Januari 2010.
Pada bulan Maret 2010, menteri Italia Franco Frattini diberikan pemerintah Rossi Award Winning pertama Italia untuk gambar dia menggambarkan negaranya di tingkat internasional.

helm

Valentino Rossi telah melalui desain helm banyak sepanjang karirnya, sebagian besaryang menampilkan motif Sun & Moon, yang berarti (menurut Rossi) dua sisikepribadiannya. Para seniman grafis saat ini Rossi helm adalah Aldo Drudi

Pre-race rituals

Rossi sangat takhayul dan terkenal untuk pra-naik nya ritual. Pada hari perlombaan, ia akan selalu menonton awal lomba 125cc untuk melihat berapa lama lampu akan terus menyala mulai sebelum pergi keluar pada awal balapan. Sebelum naik (baik racing,kualifikasi, atau praktik), ia akan mulai ritual pribadinya dengan menghentikan sekitar 2meter dari sepedanya, membungkuk dan meraih sepatu botnya. Lalu, ketika tiba disepedanya, ia akan berjongkok dan memegang sisi kanan kaki pasak, dengan kepalatertunduk. Dalam sebuah wawancara, Rossi mengatakan “Hanya saja waktu untuk fokus dan ‘berbicara’ untuk sepeda saya, seperti bergerak dari satu tempat ke tempat berikutnya.” Menyesuaikan Dia fit dari kulit nya dengan berdiri tegak di kaki pasak, sementara naik menuruni pit lane-sebelum dimulainya perlombaan atau praktek. Ia juga mengungkapkan dalam wawancara dengan MotoGP.com bahwa ia selalu menempatkan satu boot sebelum sarung tangan, satu di lain sebelum yang lain, dan iaselalu membuat sepeda dengan cara yang sama. Dia juga mendapatkan dari sepedadengan cara yang sama, mengayunkan kaki kanannya di bagian depan sepeda.

kehidupan pribadi

Setelah meninggalkan rumah keluarga di Tavullia, ia pindah ke Milan, sebelum mengambil residensi di London, Inggris selama periode dengan Honda. Selama ini ia memperoleh sebuah villa di Ibiza yang masih memiliki, dan mengikuti kasus pajak kini telah kembali ke tempat utama untuk hidup dekat dengan keluarganya di Italia.

terkenal pendapatan

Menurut Sports Illustrated, Rossi adalah salah satu tokoh olahraga dengan penghasilan tertinggi di dunia, setelah meraih sekitar $ 34 juta pada 2007.In 2009 Forbes menempatkan Rossi sebagai nomor sembilan di antara bayaran tertinggi di dunia atlettelah memperoleh sekitar $ 35 juta di masa lalu tahun.

Pajak menghindari kasus

Pada tahun 2007, otoritas pajak Italia Rossi menyatakan sedang diselidiki untukdugaan penghindaran pajak. Setelah sebelumnya tidak berhasil menyelidiki Rossi untuk menghindari pajak pada tahun 2002, pihak berwenang mengumumkan mereka menyelidiki Rossi undeclared pendapatan dari 112 juta euro (160 juta) antara 2000hingga 2004. Para pejabat mengatakan, terhadap Perjanjian Pajak Eropa antara negara-negara Eropa, Rossi London residensi telah memungkinkan dia untuk mengambil keuntungan dari kondisi pajak yang menguntungkan, seperti hanyamenyatakan penghasilan dibuat di Inggris dan menghindari pajak atas barang dagangan yang menguntungkan dan kontrak sponsor, berkomentar bahwa Rossi harus: “tinggal di London namun tidak berdomisili di sana.” Mencatat bahwa pada tahun 2002, formulir pajak Italia Rossi menyatakan laba 500 euro, sementara kontrak sponsorsemuanya dilaporkan ditujukan kepada perusahaan asing, tetapi dengan urusannyadikendalikan terutama dari Italy.In Februari 2008, Rossi mengumumkan bahwa dia telahmencapai penyelesaian dengan otoritas pajak Italia: ia dibayar 35 juta Euro untuk menutup kasus pajak.

hobi lain

Rossi mencoba untuk menjaga kehidupan pribadinya dari mata publik sebanyak mungkin, meskipun ia tidak membuat rahasia kesukaannya pada sepakbola Italia klubInternazionale. Setelah memenangkan gelar kesembilan Dunia pada Oktober 2009, Intermengucapkan selamat kepada Rossi di situs resmi mereka.

hewan peliharaan

Anjing peliharaan Rossi adalah Bulldog bernama Guido, yang telah dari 2000 sampai2008.As Rossi perjalanan sangat, Guido tinggal bersama ibu Rossi di Tavullia. Guidoditampilkan dalam berbagai potongan pakaian Rossi dan barang dagangan,mengenakan setelan tahanan selama tes pra musim, dan ketika Rossi tertinggal 32 poin di belakang dalam kejuaraan tahun 2006, Guido berpakaian dengan setelan Inuit.Guido meninggal setelah Australia 2008 GP dan untuk menghormati dia, Juara Duniabaru yang dirancang stiker khusus terdiri dari Guido olahraga sepasang sayap malaikatdan mengambang di awan surgawi. [Rujukan?] Kematian Guido mengumpulkan perhatian begitu banyak sehingga disebutkan dalam Gazzetta dello Sport.
Rossi kini memiliki dua anjing baru (satu pria dan satu perempuan), bernama Cesaredan Cecilia. Selama GP Misano pada tahun 2009, tepat setelah kesalahan Rossiselama Indianapolis, dua anjing mengenakan telinga keledai pada helm Valentino.

Career statistics

By season

Season Class Bike Team Race Win Pod Pole FLap Pts Plcd WCh
1996 125cc Aprilia RS125 Scuderia AGV Aprilia 15 1 2 1 2 111 9th 0
1997 Aprilia RS125 Nastro Azzurro Aprilia 15 11 13 4 7 321 1st 1
1998 250cc Aprilia RS250 Nastro Azzurro Aprilia 14 5 9 0 3 201 2nd 0
1999 Aprilia RS250 Aprilia Grand Prix Racing 16 9 12 5 8 309 1st 1
2000 500cc Honda NSR500 Nastro Azzurro Honda 16 2 10 0 5 209 2nd 0
2001 Honda NSR500 Nastro Azzurro Honda 16 11 13 4 10 325 1st 1
2002 MotoGP Honda RC211V Repsol Honda 16 11 15 7 9 355 1st 1
2003 Honda RC211V Repsol Honda 16 9 16 9 12 357 1st 1
2004 Yamaha YZR-M1 Gauloises Fortuna Yamaha 16 9 11 5 3 304 1st 1
2005 Yamaha YZR-M1 Gauloises Yamaha 17 11 16 5 6 367 1st 1
2006 Yamaha YZR-M1 Camel Yamaha 17 5 10 5 4 247 2nd 0
2007 Yamaha YZR-M1 Fiat Yamaha 18 4 8 4 3 241 3rd 0
2008 Yamaha YZR-M1 Fiat Yamaha 18 9 16 2 5 373 1st 1
2009 Yamaha YZR-M1 Fiat Yamaha 17 6 14 7 6 306 1st 1
2010 Yamaha YZR-M1 Fiat Yamaha 14 2 10 1 2 233 3rd 0
2011 Ducati Desmosedici GP11 Ducati Corse 17 0 1 0 1 139 7th 0
2012 Ducati Desmosedici GP12 Ducati Corse 1 0 0 0 0 6* 10th* 0
Total 259 105 175 59 86 4404   9

By class

Class Seas 1st GP 1st Pod 1st Win Race Win Podiums Pole FLap Pts WChmp
125 cc 1996–1997 1996 Malaysia 1996 Austria 1996 Czech Rep. 30 12 15 5 9 432 1
250 cc 1998–1999 1998 Japan 1998 Spain 1998 Dutch 30 14 21 5 11 510 1
500 cc 2000–2001 2000 South Af. 2000 Spain 2000 British 32 13 23 4 15 534 1
MotoGP 2002–Present 2002 Japan 2002 Japan 2002 Japan 167 66 116 45 51 2928 6
Total 1996–Present 259 105 175 59 86 4404 9

Races by year

Yr Class Team 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
1996 125 cc Aprilia MAL
6
INA
11
JPN
11
SPA
4
ITA
4
FRA
Ret
NED
Ret
GER
5
GBR
Ret
AUT
3
CZE
1
IMO
5
CAT
Ret
1997 125 cc Aprilia MAL
1
JPN
Ret
SPA
1
ITA
1
AUT
2
FRA
1
NED
1
IMO
1
GER
1
BRA
1
GBR
1
CZE
3
CAT
1
1998 250 cc Aprilia JPN
Ret
MAL
Ret
SPA
2
ITA
2
FRA
2
MAD
Ret
NED
1
GBR
Ret
GER
3
CZE
Ret
IMO
1
CAT
1
AUS
1
1999 250 cc Aprilia MAL
5
JPN
7
SPA
1
FRA
Ret
ITA
1
CAT
1
NED
2
GBR
1
GER
1
CZE
1
IMO
2
VAL
8
AUS
1
2000 500 cc Honda RSA
Ret
MAL
Ret
JPN
11
SPA
3
FRA
3
ITA
12
CAT
3
NED
6
GBR
1
GER
2
CZE
2
POR
3
VAL
Ret
2001 500 cc Honda JPN
1
RSA
1
SPA
1
FRA
3
ITA
Ret
CAT
1
NED
2
GBR
1
GER
7
CZE
1
POR
1
VAL
11
PAC
1
2002 MotoGP Honda JPN
1
RSA
2
SPA
1
FRA
1
ITA
1
CAT
1
NED
1
GBR
1
GER
1
CZE
Ret
POR
1
BRA
1
PAC
2
2003 MotoGP Honda JPN
1
RSA
2
SPA
1
FRA
2
ITA
1
CAT
2
NED
3
GBR
3
GER
2
CZE
1
POR
1
BRA
1
PAC
2
2004 MotoGP Yamaha RSA
1
SPA
4
FRA
4
ITA
1
CAT
1
NED
1
BRA
Ret
GER
4
GBR
1
CZE
2
POR
1
JPN
2
QAT
Ret
2005 MotoGP Yamaha SPA
1
POR
2
CHN
1
FRA
1
ITA
1
CAT
1
NED
1
USA
3
GBR
1
GER
1
CZE
1
JPN
Ret
MAL
2
2006 MotoGP Yamaha SPA
14
QAT
1
TUR
4
CHN
Ret
FRA
Ret
ITA
1
CAT
1
NED
8
GBR
2
GER
1
USA
Ret
CZE
2
MAL
1
2007 MotoGP Yamaha QAT
2
SPA
1
TUR
10
CHN
2
FRA
6
ITA
1
CAT
2
GBR
4
NED
1
GER
Ret
USA
4
CZE
7
RSM
Ret
2008 MotoGP Yamaha QAT
5
SPA
2
POR
3
CHN
1
FRA
1
ITA
1
CAT
2
GBR
2
NED
11
GER
2
USA
1
CZE
1
RSM
1
2009 MotoGP Yamaha QAT
2
JPN
2
SPA
1
FRA
16
ITA
3
CAT
1
NED
1
USA
2
GER
1
GBR
5
CZE
1
IND
Ret
RSM
1
2010 MotoGP Yamaha QAT
1
SPA
3
FRA
2
ITA
DNS
GBR NED CAT GER
4
USA
3
CZE
5
IND
4
RSM
3
ARA
6
2011 MotoGP Ducati QAT
7
SPA
5
POR
5
FRA
3
CAT
5
GBR
6
NED
4
ITA
6
GER
9
USA
6
CZE
6
IND
10
RSM
7
Yr Class Team 14 15 16 17 18 Final Pos Pts
1996 125 cc Aprilia BRA
Ret
AUS
14
      9th 111
1997 125 cc Aprilia INA
1
AUS
6
      1st 321
1998 250 cc Aprilia ARG
1
        2nd 201
1999 250 cc Aprilia RSA
1
BRA
1
ARG
3
    1st 309
2000 500 cc Honda BRA
1
PAC
2
AUS
3
    2nd 209
2001 500 cc Honda AUS
1
MAL
1
BRA
1
    1st 325
2002 MotoGP Honda MAL
2
AUS
1
VAL
2
    1st 355
2003 MotoGP Honda MAL
1
AUS
1
VAL
1
    1st 357
2004 MotoGP Yamaha MAL
1
AUS
1
VAL
1
    1st 304
2005 MotoGP Yamaha QAT
1
AUS
1
TUR
2
VAL
3
  1st 367
2006 MotoGP Yamaha AUS
3
JPN
2
POR
2
VAL
13
  2nd 247
2007 MotoGP Yamaha POR
1
JPN
13
AUS
3
MAL
5
VAL
Ret
3rd 241
2008 MotoGP Yamaha IND
1
JPN
1
AUS
2
MAL
1
VAL
3
1st 373
2009 MotoGP Yamaha POR
4
AUS
2
MAL
3
VAL
2
  1st 306
2010 MotoGP Yamaha JPN
3
MAL
1
AUS
3
POR
2
VAL
3
3rd 233
2011 MotoGP Ducati ARA
10
JPN
Ret
AUS
Ret
MAL
C
VAL
Ret
7th 139

Records

Record Number
Combined records (all classes)
Podium finishes 175
Pole positions 59
Points 4398
Consecutive race starts 230 (1996 Malaysian GP–2010 French GP)
Consecutive years with a win 15 (1996–2010)
Championship titles with different engine displacement 5 (125cc, 250cc, 500cc, 800cc, 990cc)
Most wins at Mugello (Italian GP) 9 (1997, 1999, 2002–2008)
Consecutive wins at Mugello (Italian GP) 7 (2002–2008)
Wins with Aprilia 26
500cc/MotoGP records
Wins 79
Second places 37
Podium finishes 139
Podium finishes in a season 16 (2003, 2005, 2008)[Note 1]
Fastest laps in a season 12 (2003)
Consecutive podium finishes 23 (2002 Portuguese GP–2004 South African GP)
Consecutive race starts 170 (2000 South African GP–2010 French GP)
Championship titles with Yamaha 4 (2004–2005, 2008–2009)
Consecutive championship titles with different constructors[Note 2] 2 (2003–2004)
Consecutive wins with different constructors 2 (2003 Valencian GP–2004 South African GP)
Wins with Yamaha 46
Wins in a season with Yamaha 11 (2005)
Consecutive wins with Yamaha 5 (2005 Chinese GP–2005 Dutch TT, 2008 United States GP–2008 Japanese GP)
Championship titles with different motorcycles 4 (500cc Honda, 990cc Honda, 990cc Yamaha, 800cc Yamaha)
Championship titles with different engine displacement 3 (500cc, 800cc, 990cc)
Championship titles with different engine configuration[Note 3] 2 (two-stroke engine, four-stroke engine)
125cc records
Wins in a season 11 (1997)

7 Responses to Valentino Rossi

  1. Ping-balik: Daftar Juara Dunia Grand Prix Sepeda Motor « repsolhondahrc

  2. Ping-balik: Michael Doohan « repsolhondahrc

  3. Ping-balik: Jadwal Tayang MotoGP 2012 Di Trans7 « repsolhondahrc

  4. repsolteam mengatakan:

    good

  5. Ping-balik: Danie Pedrosa « repsolhondahrc

  6. Ping-balik: Casey Stoner story « repsolhondahrc

  7. Ping-balik: Andrea Dovizioso « repsolhondahrc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: