VRAM


Matrox Millennium II PCI with VRAM Board

Video RAM, atau VRAM, adalah varian dual-porting dari RAM dinamis (DRAM), yang pernah biasa digunakan untuk menyimpan framebuffer di beberapa adapter grafis.
Samsung Electronics Corporation VRAM
Hal ini ditemukan oleh F. Dill, D. Ling dan R. Matick di IBM Research pada tahun 1980, dengan paten yang dikeluarkan pada tahun 1985 (US Patent 4.541.075). Penggunaan komersial pertama VRAM berada di adaptor grafis resolusi tinggi diperkenalkan pada tahun 1986 oleh IBM untuk sistem PC / RT, yang menetapkan standar baru untuk menampilkan grafis. Sebelum pengembangan VRAM, dual-porting memori cukup mahal, membatasi grafis bitmap resolusi yang lebih tinggi untuk high-end workstation.VRAM meningkatkan throughput keseluruhan framebuffer, yang memungkinkan biaya rendah, resolusi tinggi, kecepatan tinggi, grafis warna. Modern berbasis GUI sistem operasi diuntungkan dari ini dan dengan demikian ia menyediakan bahan utama untuk perkembangan user interface grafis di seluruh dunia pada saat itu.

VRAM memiliki dua set pin data output, dan dengan demikian dua port yang dapat digunakan secara bersamaan. Port pertama, port DRAM, diakses oleh host komputer dengan cara yang sangat mirip dengan DRAM tradisional. Port kedua, port video, biasanya read-only dan didedikasikan untuk menyediakan throughput yang tinggi saluran, serial data untuk chipset grafis.

Array DRAM Khas biasanya mengakses baris penuh bit (yaitu baris kata) sampai dengan 1.024 bit pada satu waktu, tetapi hanya menggunakan satu atau beberapa ini untuk data yang sebenarnya, sisanya dibuang. Karena sel DRAM destruktif membaca, setiap baris diakses harus merasakan, dan ditulis ulang. Dengan demikian, 1.024 amplifier akal biasanya digunakan. VRAM beroperasi dengan tidak membuang kelebihan bit yang harus diakses, tetapi membuat penuh penggunaan mereka dengan cara sederhana. Jika setiap garis scan horizontal tampilan dipetakan ke sebuah kata penuh, maka setelah membaca satu kata dan menempel semua 1.024 bit dalam buffer baris yang terpisah, bit-bit kemudian dapat serial streaming ke sirkuit layar. Ini akan membuat akses ke array DRAM bebas untuk diakses (baca atau tulis) untuk siklus banyak, sampai buffer baris hampir habis. Siklus DRAM lengkap baca hanya diperlukan untuk mengisi buffer baris, meninggalkan siklus DRAM yang paling tersedia untuk akses normal.

Operasi seperti dijelaskan dalam “memori raster Semua poin tampilan beralamat” kertas oleh R. Matick, D. Ling, S. Gupta, dan F. Dill, IBM Journal of R & D, Vol 28, No 4, Juli 1984, hlm 379-393. Untuk menggunakan port video, controller pertama menggunakan port DRAM untuk memilih baris dari array memori yang akan ditampilkan. VRAM kemudian salinan yang seluruh baris untuk internal baris-penyangga yang merupakan register geser. Controller kemudian dapat terus menggunakan port DRAM untuk menggambar objek pada layar. Sementara itu, controller feed jam disebut jam shift (SCLK) ke port video VRAM itu. Setiap pulsa SCLK menyebabkan VRAM untuk memberikan sedikit data berikutnya, untuk alamat yang ketat, dari register geser ke port video. Untuk mempermudah, adaptor grafis biasanya dirancang sehingga isi dari suatu baris, dan karena isi dari register geser-, sesuai dengan garis horizontal lengkap pada layar.

Melalui tahun 1990-an, subsistem grafis yang digunakan VRAM, dengan jumlah megabit disebut-sebut sebagai titik penjualan. Pada akhir 1990-an, sinkron DRAM teknologi secara bertahap menjadi terjangkau, padat, dan cukup cepat untuk menggantikan VRAM, meskipun itu hanya satu-porting dan overhead lebih diperlukan.Namun demikian, banyak konsep VRAM internal buffer, on-chip dan organisasi telah digunakan dan ditingkatkan adapter grafis modern.

jangan lupa juga gan,instal ini di komputer agan supaya bermanfaat sekaligus dapat dolar.jangan lupa daftar dulu ea.🙂

instal gomez di komputer anda dapatkan $45 setiap bulannya

Artikel Terkait

One Response to VRAM

  1. Ping-balik: RAM « repsolhondahrc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: